5 Resep Olahan Masakan Jengkol Paling Sedap


jengkol adalah makanan yang sebenarnya sangat nikmat, akan tetapi banyak orang yang malu untuk mengakuinya  enntah gengsi atau jaim gitu..hehe.. bilang pada ga suka jengkol, padahal diam-diam tetep nyemil..hehe


Resiko:

Jengkol mengandung banyak zat kapur, sehingga kurang baik jika dimakan terlalu banyak dan mengolahnya tidak benar. 
Biasanya yang dialami adalah yang namanya "Jengkolan". Risiko terkena jengkolan ini tidak tergantung pada banyaknya jengkol yang dikonsumsi, tetapi bergantung pada kerentanan tubuh seseorang. Orang yang rentan, mengonsumsi sedikit jengkol saja dapat menyebabkan terjadinya jengkolan. Apa yang memengaruhi kerentanan seseorang terhadap asam jengkolat belum jelas, tapi diduga akibat faktor genetik dan lingkungan. 

Manfaat:
Namun ternyata dibalik bau yang ditimbulkan jengkol, ternyata terkandung manfaat yang berguna bagi kesehatan. Menurut berbagai penelitian menunjukkan bahwa jengkol juga kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.

Agar Jengkol Enak Dimasak, ini dia rahasianya:

Sebenarnya, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk meminimalisir aroma tak sedap saat mengolah jengkol. Saat merebus, tak cuma air, namun sertakan juga daun salam di dalamnya. Daun salam berfungsi untuk mengurangi aroma tak sedap saat merebus jengkol. Rebus jengkol hingga lunak atau sekitar 1 jam. Ada juga yang menyertakan daun jambu klutuk dan bubuk teh saat merebus jengkol.
Untuk jengkol yang enak dan legit, pilih jengkol dengan bentuk yang bulat sempurna. Pilih jengkol yang tidak ada bagian yang rusak sama sekali. Hal ini sangat mempengaruhi tekstur dan rasa dari jengkol agar hasilnya enak.
Penggunaan rempah yang banyak saat mengolah jengkol juga turut mempengaruhi rasa dan aromanya. Misalnya untuk pembuatan semur jengkol, rempah yang harus digunakan adalah kayumanis dan juga cengkeh. "Kayumanis dan cengkeh dalam olahan semur jengkol juga bantu meminimalisir aroma tak enak sekaligus membuat rasanya jadi lebih kuat.

Sekarang yuk segera kita ke bagian resep-resep aneka masakan jengkol yang pasti akan menggugah selera kita untuk menyantapnya.

1. Sambal Goreng Jengkol Resep Super Pedas 




Gambar terkait


Komentar